Minggu, 30 Oktober 2011 - 00:00:56 WIB
Pertemuan RT Ke-11 di Rumah Bapak Daru
Diposting oleh : Tri Hari Widodo
Kategori: Pengurus RT - Dibaca: 3987 kali

Pertemuan rutin ke-11 bertempat di Rumah Bapak Daru dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2011 sesuai dengan jadwal yang telah direncakan. Pada pertemuan ini pembawa acara adalah Sdr. Turino menggantikan Bapak Hary Susanto, sedangkan sambutan Ketua disampaikan oleh Bapak Hary Susanto mewakili Bapak Tantowi karena beliau Bapak Tantowi tidak bisa hadir karena sedang di Jawa Timur. Pada kesempatan ini Bapak Hary menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1) Yang mendaftar PDAM sebanyak 20 KK, formulir pendaftaran dan uang muka sebesar Rp 5.750.000,- telah diterima oleh PDAM, sehingga warga perumahan tinggal menunggu selama dua bulan kedepan apakah dihubungi oleh PDAM atau tidak. Jika sampai 2 bulan tidak dihubungi maka pengurus akan menanyakan kepada pihak PDAM. Oleh karena itu kepada warga yang mendaftar agar mulai menyiapkan keuangan untuk pembiayaan kedepan jika memang diminta untuk segera melunasi.

2). bahwa pembuatan saluran PDAM disebelah barat rumah Bapak Yulianto dibatalkan dengan pertimbangan  (1)bahwa warga yang mengalami kekeringan hanya sebagaian dan telah diatasi sendiri-sendiri,  (2) untuk membuat gorong-gorong pengalihan membutuhkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit, (3) pertimbangan kelanjutkan dari gorong-gorong tersebut hanya bersifat sementara karena jika nanti hujan juga harus menutupnya, (4) dengan pertimbangan jangka panjang mengingat warga telah mendaftar ke PDAM maka lebih baik rencana pengalihan dibatalkan saja.

3) Bahwa kegiatan ronda selama ini telah berjalan selama 11 minggu. Beliau Bapak Hary merekap kehadiran ronda selama ini. Adapun hasil dari rekapitulasinya adalah sebagai berikut :

 

Melihat data di atas maka ada ketidakmerataan kehadiran khususnya pada hari Senin dan Selasa. Oleh karena itu perlu adanya revisi terhadap jadwal yang selama ini dijalankan.

4). Jumlah pengguna internet mencapai 17 rumah dengan banyaknya pengguna maka pengelola menurunkan tarif perbulan dari 35.000/bulan menjadi 30.000/bulan dengan demikian diasumsikan pada bulan depan pemasukan internet sebesar 510.000 dan untuk biaya ke Telkom sebesar 395.000

5) Jatah snack kerja bakti 13 November 2011 adalah Bapak Sapto Kustiyo dan Bapak Kusumo Bagus.

6) Pada pertemuan berikutnya yaitu 4 Desember 2011 direncanakan dengan menggunakan saldo internet akan dicetakan Buku Panduan yang keempat dan dibagikan kepada setiap KK.

Selesai sambutan dari Bapak Hary S, dilanjutkan dengan laporan masing-masing pengurus, laporan dari Bapak Daru menyampaikan bahwa keluarga gading permai agar "Handarbeni  Hangrungkepi Mulat Sariro Hangrosowani". Handarbeni artinya merasa ikut memiliki, kita sebagai warga perumahan setidaknya memiliki rasa memiliki dengan menjaga dan merawat fasilitas umum, maka seyogianya kita merasa itu merupakan milik kita dalam arti positif, yaitu suatu semangat untuk sayang kepada yang kita miliki. Dengan demikian, kita dalam melaksanakan tugas, dapat lebih bersungguh-sungguh karena sadar bahwa yang kita lakukan untuk kepentingan kita sendiri dan lingkungan. Hangrukebi artinya wajib ikut membela. Mengingat bahwa yang kita hadapi adalah milik kita, maka sebagai konsekunesinya kita wajib membela dan memeliharanya dengan secara suka rela tanpa diperintah. Mulat sariso hangroso wani artitnya mawas diri, untuk kemudian berani bersikap. Seseoarang yang bertindak seyogyanya melihat ke dalam dirinya dengan jujur, apakah yang akan di lakukan selaras antara pikiran. perkataan dan perbuatannya

Adapun laporan dari Bendahara adalah :

Kas Bulan Oktober 2011                                             Rp.709.400,-

Pengeluaran :

1.       Pembelian Gembok                         Rp. 25.000,-

Saldo Bulan Oktober                                                   Rp. 684.400,-

 

Pemasukan :

2.       Kas Pertemuan                                Rp. 230.000,-

3.       Kompensasi Kerja Bakti                    Rp.   70.000,-

4.       Uang jimpitan                                  Rp. 443.300,-

  

Jumlah pemasukan                                                      Rp. 743.300,-

Saldo akhir                                                                  Rp. 1.427.700,-

 

selesai laporan masing-masing pengurus dilanjutkan dengan rembug bersama yang dipimpin Bapak Hary Susanto yang menghasilkan kesepakatan 1) Yang mendapatkan arisan RT adalah Bapak Kusumo bagus, sehingga pertemuan RT berikutnya adalah pada 4 Desember 2011 bertempat di rumah Bapak Kusumo Bagus, 2) Jadwal ronda direvisi menjadi seperti berikut :

Pada pertemuan ini juga disepakati bahwa nama yang dicetak tebal menjadi koordinator tim ronda untuk masing-masing hari. Koordinator ronda bertanggung jawab berkoordinasi dengan anggota ronda, dan bertanggung jawab menyerahkan uang jimpitan kepada Bidang Keamanan. Jadwal di atas berlaku mulai Minggu, 30 Oktober 2011. Jika ada yang tidak hadir agar menghubungi koodinator masing-masing.

Untuk uang jimpitan setiap bulan akan direkap oleh bidang keamanan dan pada saat pertemuan RT berikutnya akan dilaporakan oleh bidang keamanan. bagi yang uang jimpitan belum mencapai batas minimal (30 hari=15.000) maka akan ditagih. 

Adapun rencana kerja bakti 13 November 2011 adalah membersihkan lingkungan sekitar, baik jalan, selokan, pohon-pohon dan lain-lain yang dipandang perlu.

 

Demikian hasil pertemuan rutin yang berhasil didokumentasi.

 

 

 

 

 



0 Komentar :