» Tata Tertib Warga Gading Permai RT 05/02

KEPUTUSAN KETUA RT 05/02

PERUM GADING PERMAI PEJAGOAN

NOMOR : 02/03/2011


TENTANG

 

TATA TERTIB WARGA PERUMAHAN GADING PERMAI

PEJAGOAN RT 05/02 KEBUMEN

 

 

Menimbang

:

a.

Bahwa seiring dengan perkembangan jumlah warga yang menghuni wilayah Perumahan Gading Permai terus bertambah, sehingga memunculkan tindakan-tindakan warga yang dapat mengganggu ketertiban, ketentraman, kebersihan dan kenyamanan warga Perumahan Gading Permai secara umum.

 

 

b.

Bahwa tidak adanya kesamaan pandang tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh warga Perumahan Gading Permai  yang berkaitan dengan usaha menjaga ketertiban, ketentraman, kebersihan dan kenyamanan warga sangat dimungkinkan menimbulkan gesekan antar warga Perumahan Gading Permai.

 

 

c.

Bahwa sampai saat ini belum terdapat peraturan tata tertib yang dapat dijadikan landasan bagi warga Perumahan Gading Permai untuk menjaga ketertiban, ketentraman, kebersihan dan kenyamanan, sebagaimana dimaksud konsideran menimbang huruf b, maka dipandang perlu untuk ditetapkan Tata Tertib Warga Perumahan Gading Permai dalam bentuk Keputusan Ketua RT 05/02 Warga Perumahan Gading Permai.

Mengingat

:

a.

Undang-Undang Nomor : No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

 

 

b.

Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 9 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa Dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan.

 

 

c.

Hasil Rapat Warga Perumahan Gading Permai tanggal 15 Januari 2010 tentang Pembahasan Tata Tertib Warga Perumahan Gading Permai Pejagoan .

 

 

d.

Surat Keputusan Kepala Desa Pejagoan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Nomor : 141.2/07/III/Kep/2011 Tentang Pengukuhan Pengurus Rukun Tetangga RT 05 RW 02 Desa Pejagoan

 

M E M U T U S K A N
Menetapkan:

 

TATA TERTIB WARGA

PERUMAHAN GADING PERMAI PEJAGOAN RT 05/02

BAB I

MOTTO, VISI DAN MISI

Pasal 1            

Motto : Saudara terdekat adalah tetangga.

Pasal 2            

Visi : Mewujudkan perumahan yang bersih, aman, tentram, tertata, rapi, indah, dan terencana.

Pasal 3            

Misi warga adalah 1) Mengadakan pertemuan rutin setiap bulan, 2) Melakukan kerja bakti bersama setiap bulan, 3) Membuat rencana strategi setiap tahun, berupa rencana jangka pendek dan jangka panjang, 4) Menegakkan dan menjalankan tata tertib bersama demi kepentingan bersama.

 

BAB II

KETENTUAN UMUM

Pasal 4            

Warga adalah kepala atau anggota keluarga warga yang bertempat tinggal di Perumahan Gading Permai RT 05/02 Pejagoan baik pemilik ataupun pengontrak atau sebutan lainnya.

Pasal 5            

Setiap warga wajib berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan, ketertiban,  ketentraman, kebersihan, kenyamanan, kerukunan, dan mendukung terlaksananya program yang sudah direncanakan bersama.

Pasal 6            

Setiap warga berkewajiban untuk berperan aktif, saling tolong menolong dalam masalah sosial kemasyarakatan sesama warga baik saat suka, duka, ataupun saat ada yang tertimpa musibah dan saat mendapatkan ancaman keamanan, sesuai motto yaitu : “saudara terdekat adalah tetangga”.

Pasal 7            

Setiap Kepala Keluarga wajib membayar iuran bulanan yang besarnya ditetapkan atas dasar kesepakatan bersama yang dibayarkan pada saat pertemuan rutin setiap bulannya.

Pasal 8            

Setiap iuran yang telah diputuskan melalui rapat warga demi kepentingan bersama, maka warga diwajibkan untuk membayar tanpa terkecuali (pemilik/pengontrak atau sebutan lainnya).

Pasal 9            

Setiap warga berhak mendapatkan perlindungan, pelayanan, perlakuan yang sama dari pengurus tanpa membedakan Suku, Agama, dan Ras.

Pasal 10         

Setiap warga berhak menikmati ketertiban, keamanan, ketentraman, kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

Pasal 11         

Pengurus terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Bidang Pemerintahan, Bidang Keamanan dan Ketertiban, Bidang Sosial Masyarakat, Bidang  Perencanaan Pembangunan, dan Bidang  Ekonomi.

Pasal 12         

Untuk menjadi pengurus warga harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: 1) Warga Perum Gading Permai baik laki-laki maupun perempuan; 2) Berkelakuan baik; 3) Penduduk dewasa; 4) Pengurus warga tidak merangkap jabatan pengurus RW atau Badan Perwakilan Desa.

Pasal 13         

Pemilihan ketua RT diselenggarakan oleh forum RT melalui musyawarah mufakat, jika musyawarah mufakat tidak mendapatkan hasil  maka dilakukan dengan cara pemilihan.

Pasal 14         

Musyawarah RT menetapkan tata cara  pemilihan ketua.

Pasal 15         

Pembagian tugas pengurus ditetapkan oleh musyawarah RT.

Pasal 16         

Pengurus RT bertanggungjawab kepada musyawarah RT.

 

Pasal 17         

Masa bakti pengurus RT adalah 3 (tiga) tahun terhitung sejak terpilih dan setelah 3 (tiga) tahun dievaluasi dan ditinjau kembali.

Pasal 18         

Pengurus RT berhenti sebelum masa baktinya karena: 1) Meninggal dunia; 2) Sakit; 3) Keputusan forum musyawarah warga; 4) Permintaan sendiri secara tertulis; 5) Pindah tempat tinggal keluar wilayah Gading Permai; 6) Melakukan perbuatan tercela sebagai pengurus RT; 7) Ketua RT berhenti sebelum masa baktinya diganti oleh salah seorang pengurus RT berdasarkan hasil keputusan musyawarah sampai dengan selesai masa baktinya atau memilih kembali ketua yang baru;

Pasal 19         

Pengurus RT wajib menyampaikan laporan pengelolaan keuangan RT, maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan pengurus kepada seluruh warga melalui pertemuan rutin RT sebulan sekali.

 

BAB III

TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB PENGURUS

Pasal 20         

Tugas Ketua adalah : 1) Menjalankan tugas pelayanan kepada warga; 2) Memelihara kerukunan hidup warga; 3)Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi warga.

Pasal 21         

Tanggung Jawab Ketua adalah 1) Pengkoordinasian antar warga; 2) Pelaksanaan dalam menjembatani hubungan antar sesama dan antar masyarakat; 3) Penanganan masalah-masalah kemasyarakatan yang dihadapi warga.

Pasal 22         

Tugas Sekretaris adalah menyelenggarakan administrasi dan notulen kegiatan organisasi.

Pasal 23         

Tanggung Jawab  Sekretaris adalah 1) Penyelenggaraan surat-menyurat, kearsipan, pendataan dan penyusunan laporan; 2) Pelaksanaan tugas-tugas tertentu yang diberikan oleh Ketua; 3) Pelaksanaan tugas dan fungsi Ketua apabila Ketua berhalangan.

Pasal 24         

Tugas Bendahara adalah menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan.

Pasal 25         

Tanggung Jawab Bendahara adalah 1) Pengelolaan, penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran keuangan; 2) Penyelenggaraan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan; 3) Pencatatan kekayaan organisasi yang dimiliki.

Pasal 26         

Tugas Bidang Sosial adalah 1) Mengayomi masyarakat untuk bisa peduli terhadap masalah sosial yang dihadapi warga; 2) Menciptakan kerukunan antar sesama warga dengan melakukan silaturahmi; 3) Memberikan solusi tentang permasalahan sosial warga; 4) Menerima keluhan warga tentang masalah sosial kemasyarakatan.

Pasal 27         

Tugas Tanggung Jawab  Bidang Sosial adalah 1) Pengkoordinasian antar warga; 2) Menciptakan solusi tentang permasalahan sosial warga; 3) Meningkatkan kepedulian sosial warga; 4) Penanganan masalah-masalah sosial yang dihadapi warga.

Pasal 28         

Tugas Bidang  Perencanaan Pembangunan 1) Melaksanakan kegiatan untuk membantu usaha-usaha di bidang pembangunan fisik; 2) Membuat perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta  menggerakan partisipasi masyarakat untuk melaksanakan pembangunan; 3)Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh ketua yang berkaitan langsung dengan tugas Seksi Perencanaan Pembangunan.

Pasal 29         

Tanggung Jawab Bidang Perencanaan Pembangunan adalah 1) Penyusunan rencana pembangunan; 2) Penyelenggaraan kegiatan pembangunan sesuai dengan rencana; 3) Pengkoordinasian dengan seksi-seksi terwujudnya keserasian pembangunan; 4)Pelaksanaan perkembangan dan mencatat segala kegiatan dalam seksi serta mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Pasal 30         

Tugas Bidang Keamanan dan Ketertiban adalah  1) Melaksanakan kegiatan untuk membantu usaha-usaha penumbuhan kesadaran masyarakat di bidang keamanan, ketentraman dan ketertiban; 2) Mengkordinasikan kegiatan partisipasi masyarakat dalam bidang keamanan.

Pasal 31         

Tanggung Jawab Bidang Keamanan dan Ketertiban adalah  1) Pemberdayaan warga untuk kewaspadaan terhadap  kejahatan; 2) Pemberdayaan pengamanan swakarsa; 3) Pembimbing, pengayom dan perlindungan warga; 4) Pemberi bimbingan dan penyuluhan keamanan dan ketertiban kepada warga.

Pasal 32         

Tugas dan Tanggung Jawab Bidang Ekonomi adalah  sebagai koordinator konsumsi kegiatan bersama warga.

 

BAB IV

KETERTIBAN

Pasal 33         

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, bagi setiap warga yang baru pindah dan bertempat tinggal di wilayah RT 05/02 wajib melapor kepada pengurus RT, dan mengisi formulir pendataan yang telah disiapkan oleh pengurus RT. Juga menyelesaikan persyaratan administrasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pengurus.

Pasal 34         

Warga yang meninggalkan (pindah) domisili rumah ke luar wilayah RT 05/02 maka diwajibkan lapor kepada pengurus RT.

Pasal 35         

Setiap warga yang menanam tanaman di luar pekarangan rumah, harap merawat dan memotong dahan/ranting yang berpotensi mengganggu pengguna jalan dan fasilitas umum.

 

Pasal 36         

Bagi pemilik mobil ataupun tamu yang membawa mobil agar memarkir kendaraannya yang rapi sehingga tidak menggangu pengguna jalan yang lain.

 

 

 

 

BAB IV

KEAMANAN DAN KETENTRAMAN

Pasal 37         

Setiap warga yang menerima tamu, kerabat atau keluarga yang akan menginap wajib melapor kepada pengurus warga.

Pasal 38         

Apabila warga menerima tamu/orang asing maka wajib mematuhi batas jam bertamu atau berkunjung yaitu sampai pukul 24.00 WIB.

Pasal 39         

Setiap warga yang memperkerjakan orang lain (pembantu rumah tangga) wajib melaporkan kepada pengurus warga dan menyampaikan foto copy identitas pekerja tersebut.

Pasal 40         

Setiap warga dilarang keras menggunakan rumah pribadi dan fasilitas umum yang ada di Perumahan Gading Permai RT 05/02 untuk melakukan kegiatan transaksi narkoba, minuman keras, berjudi, zina, selingkuh, dan tindakan kriminal lainnya.

 

Pasal 41         

Setiap warga dilarang berbuat anarkis dengan membawa nama pribadi atau golongan, agama dan suku yang dapat menimbulkan keributan di lingkungan Warga Perumahan Gading Permai RT 05/02.

Pasal 42         

Warga yang akan mempunyai hajatan, acara, atau pesta pernikahan dan sebagainya, wajib melapor kepada pengurus RT.

Pasal 43         

Untuk menjaga keamanan dan keindahan lingkungan, setiap warga wajib menghidupkan lampu jalan atau teras setiap malamnya.

 

BAB V

KEBERSIHAN

Pasal 44         

Kerja bakti atau gotong royong warga dilaksanakan 1 (satu) bulan sekali dilaksanakan sesuai jadwal terlampir, jika ada perubahan jadwal pelaksanaan maka akan disosialisasikan oleh bidang sosial.

Pasal 45         

Setiap keluarga wajib mengikuti kegiatan kerja bakti  minimal 1 orang dari anggota keluarga yang telah dewasa. Bagi yang berhalangan mengikuti kerja bakti dapat  mewakilkan dengan ijin kepada pengurus. Maksimal mewakilkan kerja bakti sebanyak 3 kali berturut-turut, kecuali ada alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pasal 46         

Kerja bakti dimulai pukul 07.30 sampai dengan 09:30 atau ditentukan lain sesuai kebutuhan, bukti keikutsertaan kerja bakti adalah dengan menandatangani daftar hadir kerja bakti yang disediakan oleh sekretaris.

Pasal 47         

Jika tidak mengikuti kerja bakti maka mengganti kontribusi ke kas RT sebesar Rp. 10.000,- dibayarkan kepada bendahara RT.

Pasal 48         

Bagi keluarga yang mendapatkan jatah snack maka wajib menyediakan jatah snack minimal 2 jenis makanan sejumlah masing-masing 20 buah beserta minumannya.

Pasal 49         

Setiap warga diwajibkan untuk membersihkan pekarangan dan selokan di areal rumah masing-masing tanpa terkecuali (pemilik/pengontrak atau sebutan lainnya).

Pasal 50         

 Dilarang membuang sampah rumah tangganya di jalan-jalan, di selokan   di sekitar lingkungan warga Perumahan Gading Permai.

Pasal 51         

Selama warga melakukan pembangunan rumah baru atau renovasi rumah yang mengganggu ketertiban umum agar memberitahukan kepada pengurus.

Pasal 52         

Setiap warga yang melakukan pembangunan/renovasi harap memperhatikan penempatan material sehingga tidak mengganggu fasilitas umum dan untuk selanjutnya masalah sampah dari pembangunan juga harus ditata dengan rapi, agar tidak mengganggu kebersihan lingkungan.

 

 

BAB VI

KENYAMANAN

Pasal 53         

Warga dihimbau untuk tidak mempergunjingkan hal-hal yang negatif demi  untuk menjaga keharmonisan dan kenyamanan.

Pasal 54         

Warga yang memelihara binatang peliharaan  harus menjaga dan mengawasi binatang peliharaan tersebut dan tidak dibiarkan berkeliaran sehingga mengganggu kenyamanan dan merusak lingkungan.

Pasal 55         

Menolak segala bentuk permintaan sumbangan yang tidak mendapat izin dari Ketua/Pengurus

 

BAB VII

PENUTUP

Pasal 56         

Peraturan tata tertib ini dibuat dengan semangat mengutamakan kepentingan umum, apabila dikemudian hari terdapat kesalahan, dalam menyusun keputusan tata tertib ini maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Pasal 57         

Setiap warga wajib bertanggung jawab atas tegaknya peraturan tata tertib ini, demi mencapai kehidupan warga  yang tertib, aman, tentram, bersih dan nyaman untuk mencapai visi yang telah ditentukan bersama.

Pasal 58         

Tata Tertib ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

 

Ditetapkan di : Gading Permai Pejagoan

Tanggal : 2 Maret 2011

Ketua RT

 

 

M. TANTOWI