Hubungan Internasional berkaitan erat dengan upaya suatu negara menghadapi tantangan internasional seperti ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu keamanan, masalah lingkungan secara global, dan kemiskinan melalui kerja sama antarnegara. Kuliah di jurusan ini memungkinkanmu untuk merasakan atmosfer internasional melalui berbagai simulasi pertemuan-pertemuan penting di dunia, salah satunya sidang PBB. Seru kan? Hubungan antarnegara aja dijaga, apalagi hubungan kita?

Prospek Kerja Hubungan Internasional

1. Staf Ahli

Sebagai seorang Staf Ahli, kamu akan membantu Menteri dalam bidang keahlian tertentu. Dikoordinasikan oleh Sekretaris Kementrian, kamu bertanggung jawab pada Menteri atas pengumpulan informasi, analisis, rekomendasi, dan saranmu.

2. Duta Besar

Duta Besar dan Diplomat bekerja pada Kementrian Luar Negeri bersama. Sebagai pejabat diplomatik yang dipilih oleh Presiden, kamu merepresentasikan negaramu data hk di negara tujuan. Fungsi diplomatik Duta Besar yaitu melindungi warga negara di negara tujuan, menjaga hubungan internasional antar negara, serta menjaga perdamaian dunia.

3. Government Relations Officer

Bekerja pada perusahaan asing di negaramu sendiri sebagai Government Relations Officer berarti kamu akan menjadi penghubung antara perusahaan tempatmu bekerja dengan pemerintah. Kamu akan bertemu dengan banyak politisi pada berbagai tingkat pemerintahan hingga mempengaruhi kebijakan legislatif dengan diplomasimu. Kamu juga mengajari karyawan di perusahaan untuk melakukan lobi.

4. Staf Kedutaan

Tugas Staf Kedutaan terbagi sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Sebagai Staf Ekonomi, kamu bernegoisasi tentang pajak atau persoalan-persoalan ekonomi yang lain. Staf Politik akan melaporkan iklim politik negara tujuan, mencakup terorisme, demonstrasi massa, kekerasan kelompok, maupun pertikaian.

5. International Officer

Sebagai seorang International Officer, kamu menangani persoalan atau kasus internasional di Kementerian Luar Negeri, Konsulat, Kedutaan Besar, Atase, maupun INGO (International Non Governmental Organization). Kamu juga berpotensi bekerja di kantor PBB. https://www.urbanjunglelasertag.com/

6. Wartawan atau Jurnalis

Terlatih berpikir kritis, analitis, dan selalu ter-update dengan perkembangan dunia, kamu bisa menjadi seorang Jurnalis ataupun Reporter yang handal. Kamu bisa bekerja pada media nasional maupun internasional.

7. Dosen

Tertarik menjadi seorang Akademisi? Kamu bisa menjadi Dosen yang tak hanya mengajar tentang teori-teori Hubungan Internasional, namun juga membimbing mahasiswa hingga memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Kamu juga wajib melakukan penelitian-penelitian dibidang Hubungan Internasional. Dan tentunya, kamu dituntut untuk menyelesaikan jenjang S2 atau S3.

8. Konsultan Internasional

Seorang Konsultan Internasional memiliki peran sebagai penasihat atau pendampang untuk mencegah dan menyelesaikan konflik antar negara. Pentingnya nasihat, pertimbangan, dan petunjukmu adalah karena kemampuanmu untuk memperhatikan isu-isu yang tengah berkembang hingga melihat perbedaan nilai-nilai yang dianut antar negara. Dengan tambahan pengetahuan tentang bisnis dan perdagangan,    kamu juga bisa bekerja pada perusahaan swasta berskala internasional, khususnya pada bidang market research, manajemen, IT, teknik, corporate strategy, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.