Apa Itu Jurusan Ilmu Kearsipan?

Jurusan Kearsipan adalah jurusan yang mempelajari tentang kearsipan: bagaimana proses penciptaan, pengelolaan proses, menyimpan, hingga pemusnahan dokumen-dokumen penting.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Jurusan Branding

1. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (UNDIP) memberikan peluang untuk kamu yang ingin mengambil Jurusan Kearsipan di kampus ini. Jenjang yang ditawarkan di UNDIP adalah Diploma III (D3). Setelah lulus studi, kamu akan mendapatkan gelar Ahli Madya Sains Informasi (A.Md.S.I).

Tujuan program pendidikan yang ditawarkan di UNDIP antara lain adalah untuk mendidik mahasiswa sebagai tenaga profesional di bidang kearsipan atau archival management. Mahasiswa akan diajarkan manajemen kearsipan secara manual atau elektronik.

Jurusan Kearsipan di UNDIP turut memberikan mahasiswa mata kuliah yang berkaitan dengan teknologi informasi. Kurikulum di jurusan tersebut sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan dunia kerja. Terdapat beberapa jenis mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa:

  • Mata kuliah pengembangan Kepribadian (MPK)
  • Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
  • Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

Mahasiswa yang mengambil Jurusan Kearsipan di UNDIP juga bisa mengambil berbagai macam peminatan, seperti peminatan rekam medis, peminatan bisnis, peminatan birokrasi, dan peminatan mata kuliah lainnya.

2. Universitas Gadjah Mada

urusan Kearsipan UGM ditawarkan di bawah Departemen Bahasa Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB) Sekolah Vokasi. Jika kamu memilih program studi ini, kamu membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun untuk menyelesaikan studi.

Jurusan Kearsipan UGM sudah berdiri sejak tahun 1994, sehingga alumninya pun sudah banyak berkontribusi di dunia kearsipan. Bersiaplah untuk belajar lebih keras karena Jurusan Kearsipan UGM memiliki pendaftar terbanyak kedua di kelompok soshum Program Diploma.

Fasilitas perkualiahan yang disediakan Jurusan Kearsipan UGM sangat lengkap, apalagi jurusan ini sudah menyandang akreditasi A. Terdapat laboratorium arsip konvensional, reference corner, laboratorium arsip audio visual, preservasi, elektronik, dan sebagainya. Selain mendapatkan berbagai macam teori tentang kearsipan, mahasiswa juga akan menjalani kegiatan praktik.

3. Universitas Indonesia

Jurusan Kearsipan di Universitas Indonesia dikenal dengan Jurusan Manajemen Informasi dan Dokumen. Jurusan ini terbuka untuk kamu yang ingin meneruskan studi di jenjang Diploma III (D3). Setelah menyelesaikan studi di Jurusan Manajemen Informasi dan Dokumen, kamu akan menangani berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan arsip, rekod, serta informasi.

Berbagai macam tugas profesional tentang pengelolaan informasi pun akan kamu kuasai. Sebab, selama perkuliahan, kamu akan dibimbing agar memiliki keahlian dan kemampuan pengambilan keputusan, terutama berkaitan dengan pengelolaan, penilaian, serta penggunaan informasi dan dokumen.

Karier lulusan jurusan ini sangat beragam, misalnya bekerja di lembaga kearsipan. Kamu bisa menjadi arsiparis, pengontrol dokumen, bagian manajemen dokumen, konservator, dan sebagainya. Ada pula peluang karier di lembaga informasi sebagai information officer, knowledge management officer, serta spesialis di bidang literasi informasi. Jika ingin berwirausaha, bidang bisnis informasi sebagai konsultan pun terbuka lebar.